BPKP MEMBINA DESA DI KABUPATEN KOTAWARINGIN TIMUR

  • Mar 28, 2023
  • Admin Jaya Karet

Demi mewujudkan Pemerintahan Desa yang berjalan sesuai dengan peraturan perundang-undangan dan tujuan pembangunan desa dapat tercapai, maka perlu dilakukan pengawasan dan pembinaan terhadap Pemerintahan Desa. Dalam hal ini, Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan, atau yang disingkat BPKP mengadakan pembinaan ke 4 (empat) desa di Kabupaten Kotawaringin Timur, yaitu; Desa Jaya Karet, Desa Handil Sohor, Desa Sumber Makmur dan Desa Bagendang Hilir. Kegiatan tersebut dilaksanakan pada hari Selasa, 28 Maret 2023, di kantor Desa Jaya Karet.

BPKP adalah Lembaga pemerintah nonkementerian Indonesia yang melaksanakan tugas pemerintahan di bidang pengawasan keuangan dan pembangunan yang berupa Audit, Konsultasi, Asistensi, Evaluasi, Pemberantasan KKN serta Pendidikan dan Pelatihan Pengawasan sesuai dengan peraturan yang berlaku.

Pada kesempatan yang sama, hadir juga untuk mendampingi Tim BPKP RI, yaitu jajaran dari Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Kotawaringin Timur yaitu Ibu Kartini selaku Tim evaluator Keuangan Desa dari Kabupaten.

Pemerintah Desa Jaya Karet, selaku salah satu desa yang ditunjuk untuk menjadi Desa yang diperiksa oleh Tim BPKP merasakan banyak manfaat dan pembelajaran yang berharga dalam rangka pengelolaan keuangan di desa. Tim BPKP secara telaten dan kekeluargaan memberikan masukan dan saran yang bersifat membangun untuk Pemerintah Desa Jaya Karet agar selalu menjalankan pengelolaan keuangan yang bersifat transparan, efektif, efisien dan akuntabel. (ZM)