DENGAN WAWASAN KEBANGSAAN, KITA LESTARIKAN BUDAYA BANGSA

  • Mar 21, 2023
  • Admin Jaya Karet

Melalui Pendidikan Wawasan Kebangsaan, Kita Pererat Persatuan dan Kesatuan Bangsa. Demikian tema acara yang diusung oleh Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Kotawaringin Timur dalam rangka kegiatan Sosialisasi Pendidikan Wawasan Kebangsaan yang diadakan di Gedung Wanita Jl. A. Yani Sampit pada tanggal 20 Maret 2023. Kegiatan tersebut juga merupakan wujud implementasi dari Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 71 Tahun 2012 tentang Pedoman Pendidikan Wawasan Kebangsaan.

 

Kegiatan ini dihadiri oleh perwakilan Kades dan Lurah se Kabupaten Kotawaringin Timur yaitu sejumlah 51 Peserta. Hadir pula dalam kesempatan tersebut, Kepala Badan Kesbangpol Kabupaten Kotawaringin Timur H. Sanggul Lumban Gaol, MT., sekaligus juga membuka acara secara resmi dan memberikan materi tentang Peran Pemerintah dalam Pengembangan Pendidikan Wawasan Kebangsaan. Sedangkan pemateri lainnya adalah perwakilan dari Kodim 1015 Sampit yang membawakan materi tentang Implementasi Wawasan Kebangsaan dalam Bingkai NKRI. Selanjutnya pemateri juga ada disampaikan dari kalangan akademisi, yaitu Bapak Drs. Asyikin Arpan, yang merupakan tokoh senior di dunia pemerintahan Kabupaten Kotawaringin Timur. Semua materi dapat disampaikan secara jelas dan dapat diterima oleh semua peserta. Sessi terakhir adalah sessi tanya jawab yang dipandu oleh moderator acara yaitu salah seorang dosen dari Sekolah Tinggi Kejuruan Ilmu Pendidikan (STKIP) Muhammadiyah Sampit yaitu Bapak Hilmi Zuhroni, S. Fil. I., ME.

 

Kepala Badan Kesbangpol Kabupaten Kotawaringin Timur H. Sanggul Lumban Gaol, MT., dalam materinya beliau menyampaikan bahwa Kades atau Lurah adalah ujung tombak pemerintah dalam menanamkan wawasan kebangsaan kepada masyarakat luas. Beliau juga berharap, bahwa sebagai bangsa yang besar, rakyat Indonesia haruslah menghargai jasa-jasa para pahlawan yang telah memperjuangkan kemerdekaan bangsa. Misalnya, menyanyikan lagu Indonesia Raya pada saat musyawarah desa, musrenbang, ataupun kegiatan-kegiatan lain yang melibatkan kehadiran masyarakat.

 

Sebagai konklusi, kegiatan Sosialisasi Pendidikan Wawasan Kebangsaan ini diharapkan untuk seluruh Kepala Desa dan Lurah untuk bersama-sama meningkatkan kesadaran tentang kehidupan berbangsa dan bernegara, di antaranya adalah menghargai perbedaan, tidak menyebar hoax, mentaati peraturan yang berlaku dan peka terhadap kehidupan sosial.

(RJL)