AMBULANS DESA, BERKAH BAGI WARGA

  • Feb 01, 2023
  • Admin Jaya Karet

Fasilitas kesehatan menjadi bagian penting dan harus ada dalam masyarakat. Sebab salah satu yang menjadi faktor pendukung angka harapan hidup menjadi naik adalah tersedianya fasilitas kesehatan yang memadai dalam mendukung kebutuhan masyarakat terutama di desa. Salah satunya adalah dengan tersedianya ambulans sebagai alat transportasi untuk masyarakat yang membutuhkan pelayanan kesehatan ke puskesmas atau rumah sakit terdekat.

Desa Jaya Karet menjadi salah satu desa yang juga menyediakan fasilitas ambulans untuk masyarakat guna menunjang dan membantu masyarakat yang memerlukan. Sehingga tidak perlu repot menyewa atau mendatangkan ambulans dari rumah sakit. Sebab ada insiden-insiden yang kadang tidak terduga terjadi, sehingga dengan tersedianya ambulans di desa menjadi lebih mudah dan cepat ketika ada warga yang melahirkan, sakit, dan sebagainya untuk dibawa ke puskesmas atau rumah sakit.

Selain itu, ambulans yang disediakan desa juga tidak dipungut biaya alias gratis untuk setiap warganya. Keuntungan-keuntungan inilah yang kemudian sangat memudahkan masyarakat dalam mendapatkan pelayanan kesehatan yang maksimal. Terlebih pada masa-masa pandemi ini dimana ada banyak terjadi gangguan pada kesehatan masyarakat.

Harapan masyarakat terkait dengan penggunaan ambulans desa untuk kepentingan masyarakat Desa Jaya Karet sangat besar sehingga aparat desa diharapkan untuk selalu tanggap dan maksimal dalam melayani. Ketika ada warga yang memerlukan bantuan transportasi ke puskesmas atau rumah sakit, maka secepat mungkin untuk dilayani dengan menyediakan ambulans beserta sopir yang membawanya.

Hadirnya fasilitas ambulans desa ini dapat menjadi langkah nyata pemerintah untuk mewujudkan pelayanan kesehatan yang maksimal kepada seluruh kalangan masyarakat. Namun sepatutnya, eksistensi ambulans desa terus disosialisasikan kepada masyarakat agar mendapatkan informasi yang lengkap terkait tersedianya fasilitas kesehatan khususnya yang ada di Desa Jaya Karet, Kecamatan Mentaya Hilir Selatan, Kabupaten Kotawaringin Timur.

Muhammad Firdaus, kepala Seksi Kesejahteraan dan Pelayanan Desa Jaya Karet sekaligus juga sopir ambulans desa mengatakan:

“Selawas ada ambulan neh, banyak tebantu warga kita, rasa rami kampung ah, wan pasti jua dapat pahala rasanya aku kawa mendangani orang beobat, meantar orang handak beranak, macam-macam ae. Ambulan ne rasanya halus ja barangnya tapi kawa membantu orang sekampungan”.

Sopir ambulans tersebut menjelaskan bahwa Selama ada ambulan desa, banyak warga desa yang terbantu, dan membuat suasana desa menjadi meriah. Pasti saya dapat pahala karena bisa membantu orang untuk berobat, mengantar pasien mau melahirkan, dan lain-lain. Meskipun ambulan ini sesuatu yang kecil, namun bisa membantu warga masyarakat semuanya.