BANTUAN PEMASANGAN LISTRIK BARU, CUMA 12 PENERIMA

  • Apr 11, 2023
  • Admin Jaya Karet

Bantuan Pasang Listrik Baru (BPBL) yang sering disebut masyarakat dengan Bantuan Pasang Listrik Gratis merupakan pemasangan listrik yang ditujukan kepada keluarga yang tidak mampu. Program ini adalah program dari Kementrian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Republik Indonesia. Tahun 2023, di desa Jaya Karet terdapat 12 penerima yang terdiri dari keluarga-keluarga yang tidak mampu di wilayah desa Jaya Karet. Program ini adalah implementasi dari program tahun sebelumnya, yaitu program BPBL 2022. Penerima BPBL di desa Jaya Karet yaitu sebagian besar di wilayah barat desa Jaya Karet, karena memang masih banyak keluarga yang tidak mampu dan belum memiliki instalasi listrik sendiri.

Dalam hal mengatur kriteria penerima BPBL, Menteri ESDM telah mengeluarkan peraturan Nomor 3 Tahun 2022 tepatnya pada Pasal 3, kriteria penerima adalah sebagai berikut: 1) Tidak tercatat sebagai salah satu pelanggan PT. Persero; 2) Berdomisili di daerah yang tersedia jaringan tenaga listrik tegangan rendah dari PT. PLN (Persero) tanpa adanya perluasan jaringan; 3) termasuk dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS); 4) mempunyai domisili di daerah 3K (terluar, terdepan dan tertinggal); 5) dan/atau dinyatakan layak menerima BPBL berdasarkan validasi Kepala Desa.

Dalam hal validasi data penerima BPBL, Pemerintah Desa Jaya Karet berdasarkan arahan dari Tim BPBL 2022, mengadakan pengamatan kepada calon penerima BPBL agar penerima memang termasuk penerima yang layak.

Program BPBL untuk tahun 2022 di desa Jaya Karet sudah sedikit menambah kesejahteraan warga dalam hal energi listrik. Pemerintah desa Jaya Karet hanya berharap program ini dapat berjalan setiap tahun karena masih banyak rumah Keluarga yang tidak mampu yang belum memiliki instalasi listrik sendiri. Terutama di bagian barat desa yaitu dari RT. 05 sampai dengan RT. 08. (ZM/11/04/23)