BPD LAKSANAKAN MUSYAWARAH DESA UNTUK PERENCANAAN PEMBANGUNAN TAHUN 2024

  • Jun 19, 2023
  • Admin Jaya Karet

Musyawarah desa atau disingkat dengan Musdes, berdasarkan dalam ketentuan Umum Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 114 Tahun 2014 adalah musyawarah antara Badan Permusyawaratan Desa (BPD), Pemerintah Desa, dan unsur masyarakat yang diselenggarakan oleh Badan Permusyawaratan Desa untuk menyepakati hal yang bersifat strategis. Kemudian pada Pasal 31 dalam Permendagri tersebut juga menyatakan bahwa BPD menyelenggarakan Musdes dalam rangka penyusunan Rencana Pembangunan Desa paling lambat pada bulan Juni tahun berjalan. Demi menjalankan amanah Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 114 Tahun 2014 tersebut, BPD Jaya Karet mengadakan Musdes untuk Rancangan Rencana Kerja Pemerintah Desa (RKP Desa) Tahun 2024 pada hari Senin, 19 Juni 2023.

Sejumlah stakeholder desa, tokoh masyarakat, tokoh adat, tokoh pemuda, tokoh perempuan, Pemerintah Desa, Camat Mentaya Hilir Selatan, Bhabinkamtibmas, Babinsa dan Pendamping Desa turut menghadiri kegiatan tersebut. Agenda ini merupakan agenda tahunan yang dilaksanakan oleh BPD sehingga agenda kegiatan perencanaan pembangunan berjalan dengan semestinya.

Drs. Syahrial selaku Camat Mentaya Hilir Selatan, secara langsung memberikan sambutan dan membuka secara resmi kegiatan Musyawarah kali ini. Dalam sambutannya beliau menyampaikan perihal proyek-proyek pembangunan dari APBD Kotawaringin Timur yang pada tahun 2023 ini seluruh desa di Kecamatan Mentaya Hilir Selatan mendapatkan kegiatan pembangunan secara merata. Adapun kegiatan yang masuk ke desa Jaya Karet yang berasal dari Dinas Pekerjaan Umum adalah: 1) Penerangan Jalan Umum Jl. Sabilal Muhtadin; 2) Peningkatan Jalan Sabilal Muhtadin; dan 3) Normalisasi Sungai.

Dalam Musdes kali ini, diiringi pula kegiatan Penyampaian Laporan Penyelenggaraan Pemerintahan Desa (LPPD) Akhir Masa Jabatan oleh Kepala Desa, yang kebetulan periode jabatan beliau akan berakhir pada Desember mendatang. Penyampaian LPPD tersebut juga diiringi dengan presentasi tentang Kaleidoskop Pembangunan Fisik Desa sejak Tahun 2018 sampai dengan 2023. Dalam sajian presentasinya, keberhasilan dalam realisasi anggaran dari tahun 2018 sampai 2023, mencapai 82% atau sejumlah Rp. 8.220.109.589. Pencapaian ini menurut Sekretaris Desa dikarenakan sejak tahun 2020 APBD Kabupaten khususnya Dana Bagi Hasil Pajak dan Retribusi mengalami penurunan dari tahun ke tahun.

Acara Musdes selanjutnya adalah penyampaian usulan dari setiap wilayah oleh peserta Musdes. Secara bergantian, para peserta menyampaikan usulan yang menjadi prioritas utama dari setiap wilayahnya. Dalam acara tersebut juga ditentukan tim verifikasi yang nantinya berkoordinasi dengan Tim Penyusun RKP Desa dalam hal verifikasi kegiatan yang akan dilaksanakan pada tahun akan datang. Sebagai tanda akhir dari kegiatan Musdes kali ini, yaitu diisi dengan penandatanganan berita acara oleh BPD dan Kepala Desa, dan selanjutnya diserahkan kepada Kepala Desa untuk nantinya dijadikan bahan utama pembuatan Rancangan RKP Desa Jaya Karet Tahun 2024.

Semoga dengan apa yang telah direncanakan, bisa membawa kesejahteraan bagi masyarakat desa Jaya Karet di masa yang akan datang.