BPD SIAPKAN PANPILKADES UNTUK SEPTEMBER 2023

  • May 31, 2023
  • Admin Jaya Karet

Jadwal pesta demokrasi di desa Jaya Karet sangatlah padat, dimana pada tahun ini banyak agenda pemilihan yang berlangsung. Selang tidak lama pembentukan Panitia Pengisian BPD, kini BPD Jaya Karet juga harus mempersiapkan Panitia Pemilihan Kepala Desa (Panpilkades) yang akan dilaksanakan September mendatang. Musyawarah Desa ini didasarkan pada Surat Edaran Bupati Kotawaringin Timur Nomor 140/502/DPMD/V/2023 dan juga Surat Keputusan Panitia Pemilihan Kepala Desa Kabupaten Kotawaringin Timur Nomor 140/01/PANPILKAB/2023 tentang Jadwal Pemilihan Kepala Desa Tahun 2023. (Surat Keputusan bisa diunduh pada link Download | Website Desa Jaya Karet (jayakaret-kotim.desa.id)). Sebagaimana telah dijadwalkan bahwa BPD harus membentuk Panpilkades paling lambat 29 Mei 2023, maka pada hari Selasa siang, 23 Mei 2023 BPD mengundang seluruh stakeholder desa Jaya Karet untuk melaksanakan musyawarah desa pembentukan Panpilkades dan pengusulan Pengawas Panpilkades tahun 2023.

Musyawarah tersebut dihadiri oleh berbagai tokoh masyarakat seperti Kepala Desa, perwakilan Lembaga Desa, seperti LPMD, Ketua RT dan RW, Karang Taruna dan perwakilan perempuan. Selain itu, hadir juga Panitia Pengawas Kecamatan untuk kegiatan Pemilu 2024 dan Panitia Pemungutan Suara desa Jaya Karet.

Mewakili dari kecamatan Mentaya Hilir Selatan, hadir Sekretaris Camat bapak Rida Iswandi, S. Sos., M. IP dan Kepala Seksi Pemerintahan Bapak Ardianto, S. IP sekaligus menyampaikan secara detail tentang Petunjuk Teknis Pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa yang akan dilaksanakan 23 September mendatang.

Dari hasil kegiatan tersebut, telah ditetapkan 5 orang Panpilkades dan 3 orang Panwaspilkades yang nama-namanya akan diusulkan ke Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Kotawaringin Timur. Adapun susunan Panpilkades Jaya Karet adalah sebagai berikut: 1) Agus Martadiansyah (Ketua); 2) Zaky Mubarak, S. HI; 3) Nurul Karmila; 4) Rafiky Mahdi, S. Kom. I; dan 5) Junaidi, S. Pd. I. Sedangkan nama-nama Panwaspilkades Jaya Karet yang diusulkan adalah: 1) Ali Syahbana; 2) Hapani; dan 3) Suriyanto.

Adapun beban biaya pelaksanaan Panpilkades pada tahun ini akan dibebankan pada APBD Kabupaten Kotawaringin Timur dan juga APBDes Jaya Karet tahun 2023.