DATA PEMILIH BERKUALITAS MENENTUKAN SUKSESNYA PILKADES

  • Jun 07, 2023
  • Admin Jaya Karet

“Data Pemilih yang berkualitas akan menentukan kesuksesan pelaksanaan Pilkades mendatang”, demikian tegas Sekretaris Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD), Bapak Yudi Apriannur, S. STP, pada pelaksanaan Sosialisasi Pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) di Aula Kecamatan Mentaya Hilir Selatan, Rabu 7 Juni 2023. Sesuai dengan Surat yang telah dikeluarkan oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Kotawaringin Timur nomor 140/548/DPMD-PEMDES/VI/2023 tentang penjadwalan Sosialisasi Pilkades di Kotawaringin Timur. Kecamatan Mentaya Hilir Selatan adalah salah satu kecamatan yang akan melaksanakan Pilkades September mendatang. Selain itu, bersamaan pula sosialisasi ini dihadiri oleh 3 Kecamatan lainnya yaitu Mentaya Hilir Utara, Teluk Sampit dan Pulau Hanaut.

Berkenaan dengan surat Sekda Kotawaringin Timur, seluruh Camat yang melaksanakan Pilkades dihimbau untuk mengundang Kepala Desa/Pejabat Kepala Desa, Ketua BPD, 3 Orang Panpilkades dan 1 orang perwakilan Panwaspilkades. Adapun desa-desa yang akan mengikuti Pilkades akan datang dari 4 kecamatan tersebut adalah: Jaya Karet, Bagendang Hilir, Natai Baru, Basawang, Ujung Pandaran, Makarti Jaya, Bantian, Babaung, Satiruk, dan Serambut.

Materi Sosialisasi Pilkades disampaikan langsung oleh Sekdis PMD terutama berkenaan dengan tahapan-tahapan yang harus diperhatikan dan dilaksanakan oleh Panpilkades di setiap desa. Setelah materi disampaikan, terdapat pula sessi tanya jawab kepada para undangan, sehingga materi yang disampaikan dapat diterima dengan baik oleh seluruh hadirin.  

Panpilkades diharapkan setelah sosialisasi tersebut harus segera mempersiapkan tugas Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP) dalam hal pendataan pemilih harus benar-benar divalidasi dan verifikasi agar tidak ada permasalahan hukum nantinya. Tentunya hal ini harus diperhatikan juga oleh Panpilkades. Hasil dari pendataan tersebut nantinya akan ditetapkan oleh Panpilkades menjadi DPS (Daftar Pemilih Sementara) PILKADES pada tanggal 26 Juni 2023.