DEKLARASI DAMAI SEBAGAI UPAYA MENSUKSESKAN PILKADES JAYA KARET

  • Sep 18, 2023
  • Admin Jaya Karet

Demi mencapai kesuksesan pelaksanaan Pemilihan Desa Jaya Karet tahun 2023, maka Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Jaya Karet, mengadakan kegiatan untuk seluruh calon Kepala Desa Jaya Karet yaitu kampanye umum atau Deklarasi Damai yang dilaksanakan pada Minggu pagi 17 September 2023, di balai desa Jaya Karet.

Dalam undangan kegiatan, setiap Ketua RT dianjurkan membawa 4 tokoh masyarakat yang berada di wilayahnya, sehingga kegiatan deklarasi damai tersebut disaksikan oleh sejumlah stakeholder desa Jaya Karet. Selain itu, hadir pula Sekretaris Camat Mentaya Hilir Selatan, Kasi Pem dan Kasi Trantib Kecamatan, Babinsa, Bhabinkamtibmas, Pendamping Desa, dan tokoh masyarakat yang antusias untuk mengikuti Deklarasi Damai Calon Kepala Desa tersebut.

Acara ini diadakan sepenuhnya oleh BPD Jaya Karet, sehingga pembawa acara, pemandu lagu Indonesia Raya, dipimpin oleh BPD. Adapun rangkaian kegiatan acara adalah sebagai berikut: 1) Pembukaan; 2) Pembacaan doa; 3) Menyanyikan lagu “Indonesia Raya”; 4) Pembacaan SK Penetapan Calon Kepala Desa oleh Ketua Panpilkades; 5) Pembacaan Ikrar Deklarasi Damai oleh semua calon Kepala Desa yang dipimpin oleh Ketua BPD; 6) Penandatanganan Berita Acara Deklarasi Damai; 7) Pembacaan visi dan misi oleh seluruh Calon Kepala Desa; 8) Sambutan-sambutan; dan 9) Penutup.

“Tujuan deklarasi damai ini, tentunya diharapkan untuk semua Calon Kepala Desa menjunjung tinggi Kejujuran, Sportivitas dengan mengedepankan sikap santun dan damai, menghindari Unsur SARA, serta tunduk terhadap Peraturan Perundang-Undangan yang berlaku.” Demikian yang disampaikan Sekretaris Camat, Rida Iswandi, S. Sos., M. IP dalam sambutannya.

Dalam kesempatan yang sama, Bripka Heru Suseno, selaku Bhabinkamtibmas untuk desa Jaya Karet juga menyampaikan bahwa setiap Calon Kepala Desa dalam melaksanakan kampanye harus benar-benar memperhatikan larangan-larangan kampanye, sehingga keadaan desa tetap dalam kondisi yang kondusif dan terhindar dari masalah-masalah yang tidak diinginkan.