KEGIATAN PUNCAK PANPILKADES JAYA KARET TETAPKAN CALON KADES TERPILIH

  • Sep 24, 2023
  • Admin Jaya Karet

Kegiatan puncak Pemilihan Kepala Desa Jaya Karet telah dilaksanakan, yaitu dengan agenda Rekapitulasi hasil penghitungan perolehan suara dari setiap TPS dan Penetapan Calon Kepala Desa Terpilih Pada Pemilihan Kepala Desa Jaya Karet Kecamatan Mentaya Hilir Selatan Tahun 2023. Kegiatan tersebut diadakan pada hari Minggu, 24 September 2023, di sekretariat Panitia Pemilihan Kepala Desa Jaya Karet atau di balai desa.

Undangan yang hadir pada acara tersebut adalah, Sekretaris Camat Mentaya Hilir Selatan, perwakilan Kapolsek Jaya Karya Samuda, Danramil 1015-01 Mentaya Hilir Selatan, Damang Mentaya Hilir Selatan, BPD, dan semua Calon Kepala Desa Jaya Karet serta beberapa undangan lainnya.

Rapat pleno dimulai dengan menghadirkan seluruh Ketua KPPS TPS 1 sampai 5 untuk membacakan sertifikat hasil pemungutan suara di depan para hadirin. Setelah selesai pembacaan sertifikat hasil penghitungan suara, Ketua Panpilkades Jaya Karet, Agus Martadiansyah melanjutkan dengan menanyakan kepada semua Calon Kepala Desa mengenai perihal keberatan dengan hasil ataupun lainnya mengenai rekap tersebut. Semua Calon Kepala Desa setuju dan kemudian dilanjutkan dengan acara penandatanganan berita acara.

Dari hasil rekapitulasi tersebut, tercatat bahwa Calon Kades Petahana berada satu tingkat di bawah Calon Kades Nomor Urut 4. Adapun secara rinci, hasil penghitungan perolehan suara di tingkat Panpilkades adalah sebagai berikut: 1) Pauji: 340 suara; 2) Musaidin: 195 suara; 3) Ariyadi Supiat: 262 suara; dan 4) Juwani: 475 suara.

Untuk melaksanakan ketentuan Pasal 173 Peraturan Bupati Kotawaringin Timur Nomor 14 Tahun 2017 tentang Peraturan Pelaksana Peraturan Daerah Kabupaten Kotawaringin Timur Nomor 4 Tahun 2016 Tentang Pemilihan Kepala Desa yaitu Kepala Desa Terpilih ditentukan berdasarkan perolehan suara terbanyak dari jumlah suara sah dari seluruh TPS di desa yang di tuangkan dalam Berita Acara. Berdasarkan hasil tersebut di atas dapat disimpulkan bahwa Calon Kepala Desa Jaya Karet Terpilih adalah Nomor Urut 4 (Empat)/ Atas Nama JUWANI dengan perolehan suara sah 475 (Empat Ratus Tujuh Puluh Lima).