KEMERIAHAN MUSYAWARAH PERWAKILAN PENENTUAN CALON ANGGOTA BPD

  • Jun 15, 2023
  • Admin Jaya Karet

Gemuruh suasana Balai Kantor Desa Jaya Karet dengan kehadiran sejumlah perwakilan pemilih, dalam rangka musyawarah perwakilan untuk pemilihan Calon Anggota Badan Permusyawaratan Desa (BPD) pada hari Kamis, 15 Juni 2023. Keseruan dan hiruk pikuk para perwakilan pemilih dan juga Calon Anggota BPD ini tidak mengurangi rasa kekeluargaan yang ada, karena pesta demokrasi tingkat desa ini sangatlah bersahaja. Penentuan Calon Anggota BPD ini sudah menjadi kesepakatan bersama bagi seluruh Dapil, dengan melibatkan sejumlah tokoh-tokoh masyarakat. Tentunya dengan musyawarah ini, hasil kesepakatan sangat terbuka bagi masyarakat.

Kesempatan pertama, acara dimulai dengan doa bersama, yang dipimpin oleh salah satu tokoh agama terkemuka di desa Jaya Karet yaitu H. Muhammad Maki, tentunya dengan doa bersama tersebut diharapkan kegiatan yang akan dilaksanakan dapat berjalan dengan lancar dan tentunya dengan hasil yang memuaskan dan calon yang terpilih mampu mengemban amanah yang telah diberikan.

Camat Mentaya Hilir Selatan, Drs. Syahrial, secara langsung menghadiri acara dari awal hingga akhir, dan juga membuka secara resmi kegiatan musyawarah perwakilan kali ini. Dalam sambutannya beliau menyampaikan: “Calon Anggota BPD yang nantinya terpilih haruslah menjadi mitra bagi Kepala Desa dalam rangka meningkatkan pembangunan desa, khususnya desa Jaya Karet.”

Sebelum dilangsungkan pemilihan, Musaidin, selaku ketua Panitia Pengisian Calon Anggota BPD Jaya Karet menyampaikan perihal teknis pemilihan sembari mempraktekkan dengan surat suara yang akan digunakan oleh perwakilan pemilih nantinya.

Teknis musyawarah perwakilan, dilaksanakan bergantian per satu Dapil, dimana setiap Dapil harus melaksanakan musyawarah harus sampai dengan penentuan Calon terpilih, atau dimulai dengan pemungutan surat suara, sampai dengan penghitungan, dan selanjutnya ditetapkan dengan berita acara yang ditandatangani oleh semua Calon Anggota BPD dan semua perwakilan pemilih di setiap dapilnya.

Adapun hasil dari setiap Dapil untuk Calon Anggota BPD Jaya Karet yang terpilih adalah sebagai berikut: 1) Dapil 1: Junaidi, S. Pd dan H. Royani; 2) Dapil 2: Rahmad Fauziannor dan Nurhadi Ningsih; 3) Dapil 3: Hapani; 4) Dapil 4: Tajudinnor; dan 5) Dapil Perempuan: Noor Hikmah.