MAKSIMALKAN PARTISIPASI MASYARAKAT DALAM PENGADAAN BARANG DAN JASA

  • Aug 31, 2023
  • Admin Jaya Karet

Dalam rangka mewujudkan tata kelola pemerintahan dan keuangan desa yang baik khususnya di wilayah Kecamatan Mentaya Hilir Selatan, maka Camat Mentaya Hilir Selatan mengundang kepada seluruh Kepala Desa, Sekretaris Desa, Kepala Urusan Keuangan, Ketua BPD se kecamatan Mentaya Hilir Selatan pada hari Rabu, tanggal 30 Agustus 2023 di aula lantai II Kantor Camat.

Kegiatan tersebut tentunya harapan Camat kepada para undangan tidak boleh diwakilkan, kecuali ada kepentingan lain yang sifatnya urgen. Rapat Koordinasi (rakor) ini memang kegiatan rutin yang dilaksanakan oleh Camat, dengan harapan kepada seluruh Pemerintah Desa dalam proses pengelolaan pemerintahan ataupun keuangan desa dapat berjalan dengan baik. Kemudian beliau juga menyampaikan perihal keberadaan Badan Permusyawaratan Desa dalam sebuah desa. Hendaknya semua keputusan adalah keputusan bersama dan berdasarkan musyawarah, tidak memandang pada kepentingan pribadi ataupun golongan tertentu, sesuai dengan nama lembaga itu sendiri, yaitu Badan Permusyawaratan Desa.

Dalam kesempatan yang sama, hadir pula Kepala Unit Kerja Pengadaan Barang dan Jasa (UKPBJ) Kabupaten Kotawaringin Timur, yaitu bapak Yephi Hartady Periyanto, ST. Dalam rakor tersebut, beliau juga banyak menyampaikan perihal proses pengadaan barang dan jasa (PBJ) di desa. Perihal PBJ di desa ini telah diatur dalam Peraturan Bupati Nomor 12 Tahun 2021 yang menjadi kiblat pedoman desa dalam proses pengadaan barang dan jasa. Hal penting dalam PBJ adalah dengan cara swakelola, yaitu memaksimalkan partisipasi masyarakat setempat. Namun jika terdapat pelaksanaan yang tidak memungkinkan dilaksanakan dengan cara swakelola, maka bisa dengan melalui penyedia yang dianggap mampu melaksanakan kegiatan tersebut.

Acara selanjutnya adalah sessi tanya jawab dari para peserta rakor. Kesempatan ini tidak disia-siakan oleh para peserta demi mendapat penjelasan yang lebih detail tentang materi yang sudah disampaikan.