MEDIA FKP SARANA PEMERINTAH DESA DUDUK BERSAMA RAPIKAN DATA

  • May 03, 2023
  • Admin Jaya Karet

MEDIA FKP SARANA PEMERINTAH DESA DUDUK BERSAMA RAPIKAN DATA

 

Pelaksanaan Forum Konsultasi Publik (FKP) di desa Jaya Karet telah dilaksanakan pada hari Rabu, 3 Mei 2023 bertempat di balai desa Jaya Karet. Tujuan utama kegiatan FKP adalah untuk memperoleh daftar keluarga yang sudah diverifikasi kelompok tingkat kesejahteraannya dan disepakati bersama. Kesepakatan yang melibatkan masyarakat ini akan meningkatkan kualitas data. Hasil FKP akan menjadi dasar dalam penentuan tingkat kesejahteraan keluarga hasil pendataan awal Regsosek sekaligus rekomendasi untuk pemutakhiran data selanjutnya.

Dalam kegiatan tersebut dihadiri oleh Fasilitator BPS Kabupaten Kotawaringin Timur, Kepala Desa Jaya Karet, Ketua BPD, Bhabinkamtibmas, Babinsa, perwakilan Tokoh Masyarakat, dan seluruh Ketua RT di lingkungan desa Jaya Karet.

Kepala Desa Jaya Karet, Bapak Pauji dalam sambutannya menyampaikan bahwa sangat bersyukur dengan adanya kegiatan ini, karena pada masa sebelumnya, belum pernah diadakan pelibatan masyarakat sekaligus juga Pemerintah Desa dalam hal pendataan seperti ini. Hal ini tentu disambut baik dan sangat mendukung kegiatan FKP ini.

Sedangkan Fasilitator FKP yang juga Sekretaris Desa menambahkan, bahwa dalam hal pendataan penduduk miskin ini, diharapkan sangat berhati-hati karena hasil dari kegiatan ini nantinya akan memberikan pengaruh bagi kebijakan-kebijakan Pemerintah di masa yang akan datang.

Pendataan masyarakat miskin hasil dari Regsosek 2022 ini selanjutnya difilter lagi oleh semua Ketua RT di desa Jaya Karet. Tentunya pendataan tersebut didampingi pula oleh asisten fasilitator dari Kecamatan Mentaya Hilir Selatan. Untuk mengefektifkan waktu, diskusi alasan pada pemindahan kelompok dilakukan sembari tim FKP melakukan pendampingan verifikasi/pengisian daftar Regsosek22-FKP. Pendampingan pengisian dilakukan oleh asisten fasilitator dengan pembagian jumlah Satuan Lingkungan Setempat (SLS) yang merata. Terakhir adalah penandatanganan Berita acara FKP yang juga merupakan bukti partisipasi seluruh peserta FKP.

Sebagai kesimpulan dan harapan bersama Pemerintah Desa Jaya Karet, bahwa dengan adanya kegiatan ini, data masyarakat ini bisa menjadi bahan yang bermanfaat, dan bisa membawa peningkatan kesejahteraan di desa Jaya Karet.