NASIB PENGHASILAN TETAP DAN TUNJANGAN PEMDES DAN BPD KAB. KOTIM

  • Apr 05, 2023
  • Admin Jaya Karet

Sejumlah Kepala Desa, Sekretaris Desa, serta Ketua BPD se Kabupaten Kotawaringin Timur berkumpul bersama di Kantor DPRD Kabupaten Kotawaringin Timur dalam rangka silaturrahmi sekaligus memenuhi undangan Komisi I DPRD Kotawaringin Timur pada tanggal 4 April 2023 kemarin. Kegiatan ini merupakan kegiatan yang perdana bagi Pemerintah Desa juga BPD setelah beberapa tahun yaitu untuk membahas masalah-masalah yang ada di desa.

Hadir pula dalam kesempatan tersebut perwakilan Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Timur yaitu Inspektur Kab. Kotim, Kepala DPKAD Kotim, Dinas PMD, dan Camat se-Kabupaten Kotim. Rapat Kerja ini diadakan oleh Komisi I DPRD Kab. Kotim, yang mana acara diawali dengan pengantar dari Komisi I, selanjutnya paparan perwakilan Kepala Desa, Sekretaris Desa dan juga Ketua BPD yang dikoordinir oleh Ketua Asosiasi Kepala Desa Se-Kotim yaitu Bapak Rusdi (Kepala Desa Eka Bahurui). Acara selanjutnya yaitu pembahasan dari narasumber yang terdiri dari Inspektorat, Kepala DPKAD dan juga dari Dinas PMD Kab. Kotawaringin Timur.

Berdasarkan hasil rapat tersebut, dapat ditarik beberapa kesimpulan yaitu sebagai berikut:

  1. Penghasilan tetap dan Tunjangan Kepala Desa dan Perangkat Desa, Insentif BPD dibayarkan bulan Januari s/d Pebruari 2023 sedangkan Maret dan April 2023 agar segera di usulkan melalui Dinas PMD Kotim.
  2. Untuk peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia, maka Pemerintah Kabupaten dituntut untuk mengadakan kegiatan Bimbingan Teknis kepada Kepala Desa, Perangkat Desa, dan BPD yang dilaksanakan minimal 2 kali dalam 1 Tahun.
  3. Insentif BPD diusulkan agar dinaikkan menjadi 100 % setelah diadakan penghitungan berdasarkan ketentuan dan tetap menyesuaikan kondisi keuangan Daerah.
  4. Pemilihan Kepala Desa direncanakan melalui Dinas PMD KOTIM adalah pada BULAN SEPTEMBER TAHUN 2023". Dimohon segera Dinas PMD melaksanakan penjadwalan dan sosialisasi ke 77 Desa yang ada di Kab. Kotim.

Tentunya, hasil rapat tersebut di atas, memberikan kabar yang sangat menggembirakan bagi Pemerintah Desa dan juga BPD se Kabupaten Kotawaringin Timur. Hasil rapat tersebut sangatlah dinantikan agar segera direalisasikan. (ZM 5/4)