PANPILKADES AKAN GELAR DEKLARASI DAMAI CALON KEPALA DESA

  • Sep 12, 2023
  • Admin Jaya Karet

Pemilihan Kepala Desa Jaya Karet tinggal menghitung hari, beberapa hari lagi akan dilangsungkan pesta demokrasi 6 tahunan di desa Jaya Karet. Berkenaan dengan menjelang masa kampanye yaitu tanggal 17 s/d 19 September 2023 bagi semua Calon Kepala Desa Jaya Karet, maka Panitia Pemilihan Kepala Desa (Panpilkades) Jaya Karet mengadakan rapat untuk menentukan jadwal bagi semua Calon Kepala Desa.

Rapat dilaksanakan pada Selasa siang, 12 September 2023 di Balai Desa Jaya Karet. Dalam rapat penetapan jadwal Kampanye tersebut, hadir pula Camat Mentaya Hilir Selatan yang diwakili oleh Sekretaris Camat dan Kepala Seksi Pemerintahan, Panwaspilkades, Badan Permusyawaratan Desa (BPD), Babinsa, Ketua KPPS semua TPS Desa Jaya Karet, dan semua Calon Kepala Desa.

“Kampanye yang akan dilaksanakan oleh Calon Kepala Desa haruslah mendapatkan Surat Tanda Terima Pemberitahuan (STTP) Kampanye dari Kapolsek Jaya Karya Samuda dan Surat Permohonan tersebut akan ditembuskan kepada Camat, Danramil dan BPD”, demikian penjelasan Pelaksana Tugas Harian Kepala Desa Jaya Karet, Zaky Mubarak, S. HI. Hal itulah yang menyebabkan rapat tersebut harus segera dilaksanakan, tambahnya.

Sedangkan Kasi Pemerintahan Kecamatan Mentaya Hilir Selatan, Ardianto, S. IP mengharapkan agar pada kegiatan kampanye nantinya, semua Calon Kepala Desa memperhatikan etika kampanye, termasuk juga perilaku dalam bersosial media. Hal ini tentunya untuk menghindari tuntutan yang tidak diharapkan dan mengganggu proses pesta demokrasi desa.

Dalam hal pembagian jadwal Kampanye, bersama Sekretaris Camat, Rida Iswandi, S. Sos., M. IP membagi rata jadwal untuk 4 Calon Kepala Desa Jaya Karet. Secara global, Calon Kepala Desa akan dijadwalkan untuk 8 kali pertemuan tatap muka di 4 wilayah (RW. 01 s/d RW. 04), dan 1 kali deklarasi damai di balai desa Jaya Karet, yang akan direncanakan pada hari pertama kampanye, yaitu pada hari Minggu, tanggal 17 September 2023.

Untuk Deklarasi Damai, nantinya akan didukung oleh semua Calon Kepala Desa dalam hal pendanaan, sedangkan acara akan difasilitasi oleh pihak kecamatan.