PEMERINTAH DESA WAJIB MENDUKUNG PENINGKATAN KUALITAS PELAYANAN POSYANDU

  • Jun 14, 2023
  • Admin Jaya Karet

Bahwa dalam upaya menyelamatkan, mempertahankan dan meningkatkan derajat kesehatan masyarakat terutama ibu hamil, ibu menyusui, bayi dan balita, perlu pelayanan kesehatan dasar yang merata agar dapat diakses oleh seluruh komponen masyarakat. Salah satu Pelaksana pelayanan kesehatan tersebut, pada pemerintah desa membentuk Pos Pelayanan Terpadu.

Rabu, 14 Juni 2023 Posyandu Mawar Merah yang terdiri dari Wapiah (Ketua & KPM), Mukadimah, Herlina, Norsiah dan Nurlidah melaksanakan kegiatan rutin bulanan bagi sejumlah balita di desa Jaya Karet. Hadir pula dalam setiap kegiatan posyandu, perawat desa Jaya Karet Sunarti Syahidah Noor, Amd., Kep.

Desa Jaya Karet, salah satu desa yang menyajikan pelayanan posyandu setiap bulan. Untuk tim Posyandu Jaya Karet memiliki 2 pos kegiatan. Satu untuk desa bagian barat yaitu posyandu Mawar Putih, dan satu lagi untuk bagian desa di sebelah timur; Posyandu Mawar Merah.

Demi meningkatkan kualitas pelayanan setiap Posyandu di kecamatan Mentaya Hilir Selatan, Nunik Anggraini, A. Md.Gz selaku Ketua Upaya Kesehatan Masyarakat Puskesmas Samuda beserta Muhammad Chaidir selaku Sekretaris Penanggulangan Stunting di Kecamatan Mentaya Hilir Selatan telah memberikan evaluasi kepada Tim Posyandu di Jaya Karet. Dalam kesempatan tersebut Muhammad Chaidir menyampaikan: “Untuk semua tim posyandu di desa haruslah melakukan evaluasi kegiatan di setiap 3 bulan sekali, sebagai bahan evaluasi untuk kelengkapan program dan pembahasan masalah-masalah yang terdapat di posyandu”.

Sedangkan Sekretaris Desa Jaya Karet yang juga mengikuti evaluasi tersebut juga menegaskan bahwa pelaporan untuk kegiatan posyandu, terutama untuk kegiatan penanganan stunting juga harus mendapatkan pengawasan dari semua sektor. Baik itu dari pemerintah desa, kecamatan, kabupaten, provinsi, bahkan sampai ke tingkat nasional. Pemerintah desa juga ikut mendukung kesuksesan kegiatan penanganan stunting, karena juga merupakan prioritas kegiatan nasional.