PEMILU 2024, JUMLAH PEMILIH DI JAYA KARET MENINGKAT 0,5%

  • May 08, 2023
  • Admin Jaya Karet

Senin siang, atau bertepatan dengan 8 Mei 2023, Panitia Pemungutan Suara (PPS) Desa Jaya Karet mengadakan Rapat Pleno Terbuka di balai Desa Jaya Karet dalam rangka menetapkan Rekapitulasi Daftar Pemilih Hasil Perbaikan Daftar Pemilih Sementara (DPS) di tingkat desa Jaya Karet untuk Pemilihan Umum 2024 nanti. Rapat Pleno terbuka tersebut juga dihadiri oleh Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Mentaya Hilir Selatan, Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kecamatan Mentaya Hilir Selatan, Panwaslu Desa, tokoh masyarakat dan juga perangkat desa Jaya Karet.

Secara umum, banyak terjadi peningkatan secara jumlah dalam hasil Rekapitulasi tersebut dibandingkan dengan Pemilu sebelumnya yaitu pada tahun 2020. Pada tahun 2020, jumlah Pemilih aktif adalah sekitar 1.100 pemilih, namun pada tahun ini hasil rekapitulasi adalah sebanyak 1.785 pemilih. Hal ini berarti jumlah pemilih aktif meningkat sebanyak 0,5% dari Pemilu sebelumnya. Begitu pula dengan jumlah Tempat Pemungutan Suara (TPS). Tahun 2024 mendatang, jumlah TPS telah ditetapkan sebanyak 7 TPS yang tersebar di wilayah desa Jaya Karet.

Secara rinci, hasil rekapitulasi Hasil Perbaikan Daftar Pemilih Sementara di Desa Jaya Karet Kecamatan Mentaya Hilir Selatan adalah sebagai berikut: 1) Jumlah TPS = 7; 2) Jumlah Pemilih Aktif = 1.785; 3) Pemilih Baru = 5; 4) Pemilih Tidak Memenuhi Syarat = 12; dan 5) Pemilih Potensial Non KTP-el = 27 Orang.

Peningkatan jumlah Pemilih pada Pemilihan umum mendatang tentu menambah amunisi suara dan berpengaruh pada kuantitas hasil Pemilu. Diharapkan tentunya pemilih di desa Jaya Karet khususnya aktif dalam berpartisipasi pada Pemilu yang akan datang jangan sampai ada yang golput.