PENGAMBILAN SUMPAH JANJI JABATAN ANGGOTA BPD PERIODE 2023-2029

  • Aug 02, 2023
  • Admin Jaya Karet

Anggota Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Jaya Karet, kini telah resmi dilantik dan diambil sumpah jabatannya oleh Camat Mentaya Hilir Selatan atas Nama Bupati Kotawaringin Timur di aula kecamatan Mentaya Hilir Selatan pada tanggal 2 Agustus 2023. Acara pelantikan dan pengambilan sumpah janji tersebut secara serentak dilaksanakan beserta 3 desa lainnya di wilayah kecamatan Mentaya Hilir Selatan, yaitu desa Jaya Kelapa, desa Samuda Kecil dan desa Sebamban.

Sejumlah tokoh-tokoh kecamatan Mentaya Hilir Selatan hadir menyaksikan acara tersebut, seperti Danramil 1015 Samuda, Kapolsek Jaya Karya, Kepala Kantor Urusan Agama, Damang Kecamatan Mentaya Hilir Selatan, Ketua Dewan Adat Dayak, Pendamping Desa dan Pendamping Lokal Desa, seluruh Lurah dan Kepala Desa se kecamatan, Ketua BPD, Panitia Pengisian BPD, dan beberapa undangan lainnya.

Anggota BPD Jaya Karet yang terpilih dan diambil sumpah jabatannya adalah sebagai berikut, yaitu: 1) M. Ruyani; 2) Junaidi, S. Pd; 3) Nurhadiningsih; 4) Rahmad Fauziannor; 5) Hapani; 6) Tajudinnor; dan 7) Noor Hikmah.

Setelah memberikan teks pelantikan, Camat Mentaya Hilir Selatan, Drs. Syahrial, memberikan pesan kepada seluruh anggota BPD yang terpilih agar segera mempelajari tugas dan fungsi, hak dan kewajiban sebagai anggota BPD yaitu melalui Peraturan Daerah Kotawaringin Timur Nomor 11 Tahun 2016 dan Peraturan Bupati Kotawaringin Timur Nomor 22 Tahun 2018. Selanjutnya beliau juga berpesan bahwa kepada semua anggota BPD yang terpilih, secepatnya melakukan musyawarah keorganisasian, dan selanjutnya hasil dari berita acaranya disampaikan kepada camat.

BPD adalah bagian dari Pemerintahan desa, diharapkan kepada seluruh BPD, baik yang lama ataupun yang baru dilantik, untuk selalu meningkatkan kemitraan serta sinergitas bersama pemerintah desa, karena salah satu penunjang dari percepatan pembangunan adalah kerjasama yang baik, antara BPD bersama kepala desa.