PENINGKATAN KAPASITAS KELEMBAGAAN PKK DI PALANGKA RAYA

  • Oct 04, 2023
  • Admin Jaya Karet

Sebagai tindak lanjut dari Surat Direktur Jenderal Bina Pemerintahan Desa Kementrian Dalam Negeri Republik Indonesia Nomor 900.1.4.4/6043/BPD, mengenai Pemanggilan Peserta Pelatihan Peningkatan Kapasitas Aparatur Pemerintahan Desa dan Pengurus Kelembagaan Desa Tahun 2023, maka atas nama Gubernur Kalimantan Tengah, Sekretaris Daerah Drs. H. Nuryakin, M. Si, mengundang sejumlah aparatur desa dan pengurus lembaga desa untuk menghadiri kegiatan pelatihan tersebut. Rencananya, kegiatan pelatihan akan dibagi menjadi beberapa tahap yang mengikut sertakan 9 Kabupaten dari 13 Kabupaten yang ada di Provinsi Kalimantan Tengah.

Tim Penggerak PKK (TP-PKK) Desa Jaya Karet mendapat kesempatan dalam kegiatan pelatihan tersebut, yang mana diwakili oleh Ketua beserta Sekretaris TP-PKK Jaya Karet beserta Kepala Desa dan Sekretaris Desa. Pelatihan tersebut berlangsung selama 4 hari yaitu sejak tanggal 2 Oktober sampai dengan 5 Oktober 2023 bertempat di Hotel Royal Global Jl. Tjilik Riwut No. 89 Km. 2 Kota Palangka Raya.

Materi yang disajikan dalam kepada para peserta, tentulah menjadi sangat bermanfaat bagi kelembagaan PKK Desa. Narasumber yang dihadirkan berasal dari tutor-tutor yang mumpuni dan ahli di bidangnya. “Dengan adanya kegiatan ini, tentunya yang kami harapkan semua yang bermanfaat, bisa diterapkan di desa masing-masing”, demikian penjelasan Sri Wahyuningsih, salah satu narasumber pada pelatihan kelembagaan PKK desa.

Posisi kelembagaan PKK memegang peranan penting dalam pembangunan desa khususnya dalam bidang pemberdayaan kesejahteraan keluarga. Sehingga jika memang program-program PKK dapat terlaksana dan mendapat dukungan yang positif dari semua stake holder di desa, tentu akan membawa kesejahteraan bagi masyarakat desa.