PERSIAPAN FORUM KONSULTASI PUBLIK DI KECAMATAN MENTAYA HILIR SELATAN

  • Apr 13, 2023
  • Admin Jaya Karet

Output pendataan awal Registrasi Sosial Ekonomi (Regsosek) yang dilaksanakan pada tahun 2022 adalah data terpadu yang melibatkan secara keseluruhan program yang dibutuhkan masyarakat untuk kebijakan pemerintah yang lebih terarah. Salah satu tahapan final dalam pendataan Regsosek yaitu Forum Konsultasi Publik (FKP). Sebelum pelaksanaan tahapan tersebut pihak Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Kotawaringin Timur melalui camat Mentaya Hilir Selatan mengadakan Rapat Koordinasi Fasilitator dan Asisten Fasilitator dalam rangka persiapan FKP tersebut pada hari Kamis, 13 April 2023 di Aula Kecamatan Mentaya Hilir Selatan.

Hadir pula dalam kegiatan tersebut, Babinsa, Bhabinkamtibmas, Damang Mentaya Hilir Selatan, seluruh Lurah dan Kepala Desa se Kecamatan Mentaya Hilir Selatan, dan Ketua MUI Kec. Mentaya Hilir Selatan. Acara tersebut secara resmi dibuka oleh Camat Mentaya Hilir Selatan dan dalam sambutannya beliau sangat berharap agar kepada semua yang berkepentingan di setiap wilayah Mentaya Hilir Selatan agar memperhatikan betul dengan kegiatan FKP ini, supaya data warga sejahtera bisa secara jelas dapat diketahui dan ditindak lanjuti.

Setelah dibuka secara resmi, acara selanjutnya adalah materi dari fasilitator BPS yang menjelaskan secara detail tentang maksud serta tujuan diadakannya FKP, peran dan keterlibatan Kepala Desa/Lurah, dan lain-lain. Sedangkan peserta FKP yang terdiri dari ketua Satuan Lingkungan Setempat (SLS) atau perwakilan yang paham mengenai keadaan masyarakat setempat serta 5 orang perwakilan dari tokoh masyarakat, tokoh agama, ketua/pengurus lembaga desa, Bintara Pembina Desa (Babinsa), dan Bhayangkara Pembina Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Bhabinkamtibmas).

FKP ini direncanakan diadakan di seluruh wilayah kecamatan Mentaya Hilir Selatan sejak tanggal 3 Mei 2023 dimulai dari Desa Jaya Karet, dan dilanjutkan desa-desa dan kelurahan lainnya. (ZM, 13/04)