RANCANGAN APBDES 2024 TELAH DISIAPKAN

  • Dec 10, 2023
  • Admin Jaya Karet

Dalam rangka persiapan pelaksanaan pembangunan tahun 2024, BPD bersama pemerintah desa Jaya Karet telah membahas dan menyepakati Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa Jaya Karet untuk Tahun Anggaran 2024. Rapat tersebut dilaksanakan pada hari Jum’at, 8 Desember 2023, yang dihadiri oleh Kepala Desa, Perangkat Desa, BPD, Ketua RT dan Ketua RW, dan sejumlah undangan yang hadir.

Rancangan APBDes 2024 idealnya memang disusun setelah RKPDes selesai, sehingga APBDes tahun akan datang adalah tetap mengacu pada kegiatan yang sudah dibahas di dalam RKPDes. Mengenai Pagu Anggaran yang dibahas adalah menggunakan pagu tahun berjalan, dan jika pagu tahun akan datang sudah ditetapkan, maka akan menyesuaikan dengan kegiatan yang sudah ada. Demikian penjelasan Sekretaris Desa Jaya Karet.

Kegiatan ini juga diiringi dengan kesepakatan tentang Laporan Realisasi APBDes 2023 Semester Akhir, mengingat dengan agenda akan dilantiknya Kepala Desa Terpilih, maka untuk menutup kas akhir tahun, Kepala Desa yang sedang menjabat juga melakukan penutupan akhir kas dengan melaporkan realisasi kegiatan yang sudah dilaksanakan pada tahun ini.

“Untuk kegiatan yang bersumber Dana Desa, yang bersifat fisik alhamdulillah sudah 100% dilaksanakan, hanya ada beberapa kegiatan yang tidak dapat terealisasi, mengingat keadaan keuangan daerah juga mempengaruhi dengan pendapatan desa.” Demikian penjelasan Pauji, selaku Kepala Desa Jaya Karet.

Hasil dari kegiatan kali ini adalah adanya rancangan APBDes 2024 yang sudah disepakati bersama, dan sejumlah kegiatan prioritas yang bersumber dari Dana Desa 2024. (ZM-10/12/2023)