REHABILITASI SUNGAI KAYU ARA, SEGERA DIREALISASIKAN

  • Oct 11, 2023
  • Admin Jaya Karet

Bulan Oktober ini, akan dikerjakan kegiatan pengembangan dan pengelolaan sistem irigasi primer dan sekunder di sungai Kayu Ara RT. 07 sampai dengan RT. 05 Desa Jaya Karet Kecamatan Mentaya Hilir Selatan. Kegiatan tersebut disampaikan pada sosialisasi di Balai Desa Jaya Karet, 11 Oktober 2023 oleh Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Kotawaringin Timur. Sosialisasi tersebut menghadirkan sejumlah tokoh masyarakat sekitar pekerjaan yaitu tokoh-tokoh dari RT. 05 dan RT. 07. Selain itu, hadir pula anggota BPD dari Dapil III dan IV, serta Kepala Desa Jaya Karet.

Tim dari Dinas PUPR dalam sosialisasinya menyampaikan bahwa keinginan mereka dalam pekerjaan nantinya, haruslah didukung penuh oleh masyarakat, demi kelancaran dan juga aman dari segala macam permasalahan yang akan dihadapi nantinya. Adapun pekerjaan yang akan dilaksanakan nanti yaitu berupa Rehabilitasi Jaringan Irigasi Desa Jaya Karet atau pembersihan sungai Kayu Ara. Dan titik 0 (Nol) akan dimulai dari arah barat yaitu dari Jl. H. M. Arsyad menuju arah timur. Volume pekerjaan adalah sepanjang 2.500 meter.

Kegiatan sosialisasi tersebut juga meminta kesepakatan dengan warga sekitar tentang pembebasan tuntutan ganti rugi jika memang terkena dari pekerjaan tersebut. Selanjutnya, apabila terjadi permasalahan di lokasi pekerjaan, maka akan menjadi tanggungjawab Pemerintah Desa dan masyarakat setempat untuk menyelesaikannya. Dalam hal penjagaan alat ataupun keamanan alat pekerjaan, tim kontraktor yang hadir juga menyatakan bahwa akan melibatkan masyarakat desa.

Dalam sambutannya, Kepala Desa Jaya Karet, Pauji menyampaikan terima kasih yang tak terhingga kepada Kabupaten Kotawaringin Timur melalui Dinas PUPR karena pekerjaan rehabilitasi sungai ini sangatlah dibutuhkan masyarakat. “Harapan kami supaya kegiatan ini bisa berlangsung setiap tahun mengingat kondisi geografis dan kalender musim di desa, kegiatan pembersihan atau rehabilitasi sungai sangat dibutuhkan”.