RKP Desa DOKUMEN PENTING DALAM PERENCANAAN PEMBANGUNAN DESA

  • Sep 27, 2023
  • Admin Jaya Karet

Salah satu dokumen penting dalam perencanaan pembangunan di desa adalah RKP Desa atau Rencana Kerja Pemerintah Desa yang merupakan dokumen perencanaan desa untuk 1 (satu) Tahun. Di antara proses dalam pembuatan dokumen tersebut, yaitu dengan dilaksanakannya Musrenbangdes (Musyawarah Perencanaan Pembangunan Desa). Berkenaan dengan hal tersebut, baru 1 hari setelah aktif setelah masa cutinya, Kepala Desa Jaya Karet, Pauji, mempercepat agenda tersebut karena sudah mendekati akhir dari bulan September. Musrenbangdes kali ini dilaksanakan pada hari Rabu, 27 September 2023 yang bertempat di balai desa Jaya Karet.

Selain menghadirkan pemangku kepentingan di desa maupun di kecamatan, Kepala Desa Jaya Karet juga mengundang Calon Kepala Desa Terpilih, karena nantinya beliaulah yang akan melanjutkan dan menjalankan hasil dari perencanaan yang ada di RKP Desa 2024 nantinya. Untuk Kepala Desa Jaya Karet saat ini, secara periodik akan mengakhiri masa jabatannya pada Desember mendatang.

Camat Mentaya Hilir Selatan, Drs. Syahrial, dalam sambutannya juga berpesan kepada seluruh hadirin, untuk benar-benar menyimak tentang perencanaan pembangunan di desa, karena dalam perencanaan itulah apa-apa yang akan dikerjakan oleh Pemerintah Desa pada tahun yang akan datang. Selain itu, beliau juga berpesan untuk seluruh warga desa Jaya Karet agar tidak membuka lahan dengan cara membakar, demi menjaga lingkungan desa masing-masing dari musibah kebakaran lahan. Selanjutnya Camat Mentaya Hilir Selatan membuka kegiatan Musrenbangdes secara resmi, dan selanjutnya acara dipandu sepenuhnya oleh Sekretaris Desa Jaya Karet.

Adapun yang menjadi hasil dari kegiatan Musrenbangdes adalah sebagai berikut: 1) Daftar RKPDesa 2024; 2) Daftar TPK 2024; 3) Daftar Rencana Kebutuhan Barang Milik Desa 2024; 4) Daftar Usulan RKP Desa 2024; dan 5) Daftar Delegasi Musrenbang tingkat Kecamatan.