SAMPAI DENGAN TAHAP II, REALISASI 100%

  • Jun 12, 2023
  • Admin Jaya Karet

Khususnya untuk belanja Dana Desa tahun 2023, desa Jaya Karet sudah tercapai 100% selesai dikerjakan. Hal ini disampaikan Kepala Desa Jaya Karet dalam pelaksanaan Monitoring dan Evaluasi (Monev) yang dilakukan oleh pihak Kecamatan Mentaya Hilir Selatan pada Senin, 12 Juni 2023. Desa Jaya Karet adalah desa pertama yang mendapat giliran untuk monev sebelum desa-desa lainnya. Adapun tim Monev kecamatan Mentaya Hilir Selatan adalah terdiri dari, Sekretaris Camat, Kepala Seksi Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (Kasi PMD), Pendamping Desa dan beberapa staf kecamatan lainnya. Turut bersama mendampingi pihak pemerintah desa, hadir pula ketua BPD Jaya Karet dalam melaksanakan monitoring tersebut.

“Tujuan monitoring dan evaluasi ini tidak ada maksud lain kecuali hanyalah sebagai pembinaan bagi pihak pemerintah desa dalam melaksanakan pembangunan.” Demikian penjelasan Sekretaris Camat Mentaya Hilir Selatan, Rida Iswandi, S. Sos., M. IP. Selanjutnya Kasi PMD, Deden Eka Rahman Jaya, S. Hut., M. AP juga menambahkan bahwa sebelum pelaksanaan Musdes di bulan ini, minimal semua desa di kecamatan Mentaya Hilir Selatan sudah terealisasi untuk kegiatan pembangunan di desa.

Adapun jenis kegiatan pembangunan fisik yang telah terealisasi sampai dengan tahap II adalah: 1) Penimbunan halaman Polindes; 2) Peningkatan Jalan Jaya Karet RT. 03 s/d RT. 04; 3) Peningkatan JUT Bersama RT. 06; dan 4) Pembuatan box culvert dan gorong-gorong RT. 01.

Undang-Undang Desa memandatkan bahwa penyelenggaraan pemberdayaan masyarakat Desa dilakukan dengan memberikan pendampingan dalam proses perencanaan, pelaksanaan dan pengawasan pembangunan Desa. Pendampingan Desa dilakukan secara berjenjang sesuai dengan kebutuhan. Dengan adanya monev dari kecamatan ini, diharapkan Pemerintah desa Jaya Karet khususnya dapat tertib dalam semua pertanggungjawaban, baik dalam hal realisasi kegiatan ataupun pelaporannya.