SENAM PROLANIS, SENAM SEHAT UNTUK PENDERITA HIPERTENSI

  • Jul 08, 2023
  • Admin Jaya Karet

Hipertensi atau lebih dikenal dengan tekanan darah tinggi, adalah kondisi ketika tekanan darah berada di angka 130/80 mmHg atau lebih. Jika tidak segera ditangani, hipertensi bisa menyebabkan munculnya penyakit-penyakit serius yang mengancam nyawa, seperti gagal jantung, penyakit ginjal, dan stroke.

Sebagai upaya mencegah penyakit tersebut, kader kesehatan desa Jaya Karet melaksanakan Kegiatan Penyuluhan yang bertemakan Waspadai Penyakit Hipertensi, di balai desa Jaya Karet bersama Perawat desa, Sunarti Syahidah Noor, Amd. Kep., pada hari Sabtu pagi, 8 Juli 2023. Kegiatan tersebut diikuti oleh pasien hipertensi yang berada di desa Jaya Karet, perangkat desa, BPD dan juga Ketua PKK Desa Jaya Karet.

Rangkaian Kegiatan tersebut diawali dengan pelaksanaan Senam prolanis, atau Senam Program Pengelolaan Penyakit Kronis adalah senam yang memiliki gerakan sederhana, lebih lembut karena diperuntukkan bagi pasien-pasien penderita penyakit kronis. Senam ini hampir tidak memiliki hentakan, sehingga perlahan akan memberikan pengalaman olahraga kepada penderita. Program senam ini dimulai dari program BPJS Kesehatan melalui Puskesmas-puskesmas yang berfungsi sebagai salah satu upaya pencegahan penyakit tersebut agar tidak bertambah parah.

Setelah pelaksanaan senam prolanis, selanjutnya diadakan cek gula darah puasa dan cek tekanan darah yang dilakukan oleh perawat desa. Kegiatan selanjutnya adalah penyuluhan kepada para pasien hipertensi tentang pengenalan lebih jauh mengenai penyakit tersebut dan juga bagaimana cara pencegahannya.

Tentunya rangkaian kegiatan ini akan membawa manfaat bagi warga desa Jaya Karet khususnya senam prolanis bagi penderita hipertensi. Olahraga teratur, bisa membawa perubahan positif bagi tubuh seseorang. Sirkulasi darah dan pernafasan yang baik tentu akan didapat oleh orang yang suka berolahraga. Pada akhirnya, senam prolanis akan berfungsi untuk menjaga stamina seseorang dan menghindari penyakit yang parah.