SENYUM LEBAR, JERIH PAYAH PANTARLIH TERBAYAR

  • Apr 11, 2023
  • Admin Jaya Karet

Selasa, 11 April 2023. Merupakan hari bahagia bagi seluruh Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (Pantarlih) se-Kecamatan Mentaya Hilir Selatan. Terkhusus Pantarlih dari desa Jaya Karet, tidak ketinggalan menyongsong gajian yang sudah lama ditunggu. Tugas Pantarlih adalah membantu Panitia Pemungutan Suara (PPS) melakukan pemutakhiran data yang tercantum dalam Model A Pemilih.

Dalam tugasnya, Pantarlih melakukan coklit secara offline dan online. Pantarlih memiliki aplikasi khusus dari KPU yang bernama E-Coklit untuk melakukan pencoklitan secara online. Tentunya sistem Pemilu untuk 2024 ini, sudah mencapai kemajuan dari sistem-sistem sebelumnya. Pencoklitan secara online tentu akan lebih memaksimalkan hasil pendataan pemilih di suatu wilayah. Honor Pantarlih untuk per bulannya adalah Rp. 1.000.000,- (Sejuta Rupiah). Sedangkan masa kerja pantarlih sendiri adalah 6 Februari 2023 sampai dengan 15 April 2023.

Adapun mekanisme pencairan dana untuk Pantarlih sendiri adalah melalui Rekening Sekretariat PPS Jaya Karet. Sekretariat PPS Jaya Karet sangat bersyukur karena dana yang keluar untuk Pantarlih sama halnya seperti THR bagi Pegawai ASN Pemerintah. “Kita tidak boleh iri dengan Pantarlih, mereka bekerja di lapangan baik secara online dan offline. Wajar mereka didahulukan honornya”. Kilahnya. Ujaran dari sekretaris PPS Jaya Karet tersebut dimaksudkan untuk honor PPS dan Sekretariat, masih dibayarkan untuk bulan Februari saja. “Honor kita sudah dianggarkan oleh pihak KPU Kabupaten dan juga pihak yang berwenang. Tentu saja itu sudah diperhitungkan, hanya masalah pencairan saja yang menjadi masalah.”

(ZM,11/04/2023)