SISKAMLING ADALAH BUDAYA ASLI MASYARAKAT INDONESIA

  • Jul 24, 2023
  • Admin Jaya Karet

Istilah Siskamling atau bisa disebut dengan Sistem Keamanan Keliling, mungkin ini adalah salah satu budaya masyarakat yang hanya ada di Indonesia dan konon telah ada sejak masa penjajahan Belanda. Pada zaman dahulu, pos-pos jaga ini bertujuan untuk mengawasi masyarakat pribumi di daerah tertentu. Seiring berjalannya waktu, budaya tersebut masih dijalankan sampai sekarang, baik itu di kota besar sampai perdesaan. Budaya jaga malam ini seharusnya tidaklah merupakan suatu hal yang asing jika memang diterapkan dan dilaksanakan di lingkungan masyarakat.

Mengingat pentingnya keberadaan serta keaktifan poskamling tersebut, maka Bhabinkamtibmas Desa Jaya Karet, Bripka Heru Suseno bersama Kanit Binmas Polsek Jaya Karya Samuda mengadakan kegiatan peningkatan kemampuan bagi warga masyarakat desa Jaya Karet dalam hal penjagaan lingkungan pada malam minggu atau Sabtu malam, 22 Juli 2023, di Pos Satkamling RT. 05 Desa Jaya Karet. Kegiatan tersebut dalam suasana kekeluargaan juga dihadiri oleh beberapa warga desa Jaya Karet RT. 05 dan RT. 02.

“Hal yang paling pertama dilakukan sebelum diaktifkannya Poskamling adalah sosialisasi kepada masyarakat, baik itu tentang petugas yang melaksanakan ataupun teknis kegiatan nantinya.” Demikian yang disampaikan Kanit Binmas Polsek Jaya Karya Samuda, Aipda Winarno.

Pada saat melaksanakan siskamling, hal yang biasa dilakukan adalah patroli, ronda, dan penjagaan. Selain itu, kegiatan siskamling lainnya seperti memberikan peringatan-peringatan untuk mencegah kejahatan, kecelakaan, kebakaran, ataupun bencana alam. Pelaksanaan siskamling ini juga tidak lepas dari koordinasi masyarakat yang menjalankannya dengan bhabinkamtibmas. “Saya akan selalu siap 24 jam melaksanakan pelayanan”, demikian tandas Bhabinkamtibmas Jaya Karet, Bripka Heru Suseno.

Dalam kesempatan yang sama, hadir pula Plh. Kepala Desa Jaya Karet, yang menyampaikan perihal akan dilaksanakannya Siskamling. Tentu hal ini sangat diperlukan mengingat dengan agenda desa dan juga pemerintah daerah yang akan dilaksanakan pada tahun ini yaitu Pemilihan Kepala Desa dan juga Pemilihan Umum tahun akan datang. Selain itu, diharapkan pelaksanaan siskamling ini juga bukan hanya menjelang pemilu saja. Akan tetapi, sisi keamanan desa sangatlah penting untuk selalu dijaga setiap saat.