SMART TAX KOTIM, SOLUSI CEPAT BAYAR PAJAK

  • Jul 12, 2023
  • Admin Jaya Karet

Dalam upaya mewujudkan kemudahan bagi para wajib pajak, Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kabupaten Kotawaringin Timur meluncurkan aplikasi berbasis android, yang bisa didownload melalui aplikasi playstore, yaitu Smart Tax Kotim. Pada era digital sekarang, sudah hal yang tidak asing bagi masyarakat tentang penggunaan android. Melalui kesempatan itulah, Bapenda Kotawaringin Timur mencoba melakukan terobosan dengan memaksimalkan penggunaan aplikasi dalam hal pembayaran pajak.

Pada hari Rabu, 12 Juli 2023, Bapenda kali ini melaksanakan Sosialisasi Cara Pembayaran Pajak Daerah Melalui Aplikasi Smart Tax Kotim di Aula Kecamatan Mentaya Hilir Selatan dan dihadiri oleh Kepala Desa, Lurah, dan petugas-petugas penagih pajak se-kecamatan Mentaya Hilir Selatan.

Hadir pula dalam kesempatan tersebut, Kepala Bank Pembangunan Kalimantan Tengah Unit Samuda yang menyampaikan tentang aplikasi Betang Mobile, yang diperuntukkan bagi pengguna atau nasabah bank Kalteng agar mudah dalam hal melakukan transaksi-transaksi. Sama hal juga dengan aplikasi Smart Tax Kotim, dalam menu Betang Mobile juga terdapat menu untuk membayar pajak. Tentunya ini hanya dikhususkan untuk nasabah Bank Kalteng, dan bukti pembayarannya pun bisa dipertanggungjawabkan sebagai bukti pembayaran pajak pungkasnya.

Aplikasi Smart Tax Kotim menampilkan menu dashboard yang cukup lengkap, di antaranya: 1) Layanan PBB (Pajak Bumi dan Bangunan) dan BPHTB (Bea Perolehan Hak Atas Tanah dan Bangunan); 2) Pendaftaran Pajak lainnya; 3) Lapor SPTPD (Surat Pemberitahuan Pajak Daerah); 4) Petunjuk Pembayaran; 5) Pajakku (yang berisi rekap history pajak yang dimiliki oleh wajib pajak); 6) Helpdesk (digunakan untuk mengubah data-data wajib pajak.

Dengan adanya aplikasi ini, tentu bernilai positif bagi masyarakat yang ingin membayar pajak. Orang Hebat Taat Pajak, demikian sebuah slogan yang digunakan aplikasi ini agar menjadi sebuah motivasi bagi masyarakat dalam hal membayar pajak.