SOSIALISASI TAHAPAN PEMUNGUTAN SUARA DAN PENETAPAN UNTUK PILKADES JAYA KARET 2023

  • Aug 31, 2023
  • Admin Jaya Karet

Pemilihan Kepala Desa di Jaya Karet sudah di ambang pintu, tidak lebih dari 1 (satu) bulan, pelaksanaan pemungutan suara akan dilaksanakan. Sehubungan dengan agenda tersebut, maka Panitia Pemilihan Kepala Desa Tingkat Kabupaten (Panpilkab) melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) melaksanakan Sosialisasi Pemilihan Kepala Desa Tahun 2023 Tahap II yaitu Tahapan Pemungutan Suara dan Tahapan Penetapan.

Desa Jaya Karet adalah satu-satunya desa yang melaksanakan Pilkades di Kecamatan Mentaya Hilir Selatan. Oleh karena itu, semula kegiatan Sosialisasi tersebut akan dilaksanakan di Aula Kecamatan, namun untuk memaksimalkan kehadiran peserta, kegiatan tersebut diadakan di balai desa Jaya Karet pada hari Kamis, 31 Agustus 2023. Sosialisasi Pilkades ini dihadiri oleh Panpilkab Kotawaringin Timur yang diwakili oleh Sekretaris DPMD, Yudi Apriannur, S. STP, Camat Mentaya Hilir Selatan, Babinsa, Panpilkades, Panwaspilkades, Ketua BPD dan Jajarannya, Pemerintah Desa Jaya Karet, seluruh anggota Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) Pilkades Jaya Karet, dan seluruh calon Kepala Desa Jaya Karet.

Kegiatan tersebut secara resmi dibuka oleh Camat Mentaya Hilir Selatan, sekaligus juga memberikan pesan kepada seluruh pihak terlibat dalam Pilkades ini supaya tetap menjadi orang-orang yang netral, dan profesional dalam melaksanakan pemungutan suara nantinya.

Acara selanjutnya adalah Sosialisasi Pilkades khususnya untuk tahapan pemungutan suara dan penetapan Calon Terpilih, yang disampaikan oleh Sekdis PMD Kabupaten Kotawaringin Timur. Semua tahapan yang akan dilaksanakan oleh KPPS dijelaskan secara mendetail, dimulai dari pembuatan Tempat Pemungutan Suara sampai dengan Penetapan. Selain itu, dijelaskan pula perihal Surat Suara yang Sah, tidak sah, ataupun Surat Suara yang rusak.

 

n/b. Materi Bimtek Pilkades bisa didownload pada Menu Download Website ini.